Sabtu, 06 Agustus 2016

TELUN TUJUH TINGKAT


Wisata kito kali ini adalah

Nama : Telun Tujuh Tingkat
Lokasi : Desa Talentam, Kec Tabir Barat, Kabupaten Merangin
Provinsi : Jambi
Negara : Indonesia
_________________________________________________________________________________

Tak hanya memiliki geopark, kabupaten Merangin juga memiliki air terjun atau orang setempat menyebutnya telun. Telun ini terletak di beberapa daerah, sebut saja misalnya telun yang berada di kecamatan Tabir Barat-- pemekaran dari kecamatan induk: Tabir Ulu


Telun yang terdapat di daerah ini teridentifikasi sebanyak dua tempat atau berada di dua lokasi berbeda. Letak persisnya berada di Desa Muara Kibul dan Desa Telentam. Di Muara Kibul, dapat kita jumpai telun bertingkat tiga.

Untuk sampai ke lokasi telun yang kedua, di Telentam, pengunjung bisa berkendara, melewati jalur darat,dari Desa Muara Kibul ke arah huluan. Jalannya aspal, masih bagus. Semakin ke hulu wilayah Kecamatan Tabir Barat semakin menarik untuk dilihat: Lubuk larangan Taman Ciri, sungai Tabir yang jernih dengan bebatuan besar terhampar di huluan Sungai Tabir itu.

Sesampainya di Desa Telentam, perjalanan ke telun dilanjutkan dengan melewati jembatan gantung, menyeberangi sungai, menapaki jalan tanah, keluar masuk perkebunan karet rakyat dan lading, juga mendaki & menuruni bukit yang sepanjang track. Jarak lokasi telun dari pemukiman penduduk kurang lebih 1,5 Km. Menghabiskan waktu setidaknya 40 menit, hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Perjalanannya cukup melelahkan.Namun,akan tebayar lunas ketika sudah sampai di telun. Pemandangan di telun telentam lebih menarik jika dibandingkan telun yang ada di Muara Kibul. Air terjunnya terdiri dari 7 tingkat.

Dalam data BPS, disebutkan bahwa jarak dari Bangko ke Kibul (Tabir Barat) sejauh 58 Km (BPS, 2009). Perjalanan bisa ditempuh melalui jalur darat: lewat Sungai Manau, dan Simpang Seling. Dari Sungai Manau menuju Tabir Barat jalannya berupa aspal, dan masih tergolong bagus. Untuk melewati jalur ini, pengunjung harus berkendara melewati jalan Bangko menuju Kerinci. Sementara, jalan Simpang Seling (dari Bangko Ke Tabir Barat 70-90 km) langsung terhubung ke Jalan Lintas Sumatera.

#pesonajambi
#pesonajambimerangin

Source: https://www.instagram.com/p/BITc4BogLTP/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar