Rabu, 17 Agustus 2016

Fosil Araucarioxylon (pohon purba) / Batu Tuo



Wisata kali ini adalah

Nama : Fosil Araucarioxylon (pohon purba) / Batu Tuo
Lokasi : Kawasan Geopark Merangin, Batang merangin & batang mengkarang, desa Air Batu dan Dusun Baru, Kecamatan Pemberap, Kabupaten Merangin
Provinsi : Jambi
Negara : Indonesia
Source/title : YouTube/ Indonesia Bagus | Netmediatama
______________________________________________________

Di dalam kawasan Geopark Merangin ini, terdapat 13 lokasi yang bisa dijadikan objek wisata tingkat dunia. Diantara nya terdapat beberapa fosil kayu, bentuk kerang raksasa, yang  tercetak membatu, dalam endapan lava dan abu vulkanik gunung purba. Benda-benda itu diperkirakan sudah berusia 250-300 juta tahunan.

Geopark Merangin terbagi atas tiga zona. Yakni, zona tangkapan (gerbang utama) di kawasan Kota Bangko, zona inti geoconservation, bioconservation, cultural, dan conservation serta zona penyangga yang merupakan daerah sepanjang daerah aliran sungai (DAS). Luas Paleobotani Park Merangin 1.551 km² yang terbagi atas dua zona. Zona pertama disebut geoconservation. Di sana ada dua blok.Yakni, kawasan Jambi Flora yang meliputi Desa Air Batu hingga Desa Biuku Tanjung serta kawasan Kars Sengayau di Sei Manau dan Kars Jangkat. Kars Sengayau meliputi 13 goa.

Zona kedua disebut bioconservation.Yakni, kawasan hutan lindung dan hutan adat di Merangin. Salah satunya, Hutan Adat Guguk di Desa Guguk, Kecamatan Renah Pembarap. Hutan Guguk memiliki luas sekitar 690 hektar. Sedangkan di Desa Air Batu, Kabupaten Merangin, terdapat komplek puing perkampungan tua dan pemakaman kuno.

Fosil di Geopark Merangin, diduga kuat, merupakan pecahan lempeng daratan tertua di dunia yang berada di Cina. Karena Jenis bebatuan yang ada di sekitar geopark ini mirip, dan usianya hampir sama dengan bebatuan yang ada di situs bersejarah di Cina. Di sini ditemukan banyak fosil tumbuhan paku, dikotil, monokotil. Selain itu juga ditemukan fosil ikan, kerang, serangga dan lain-lain menunjukan bahwa, keberadaan wilayah Geopark Merangin itu dahulunya berada di bawah permukaan laut. Keberadaan jenis fosil di situs Geopark Merangin ini, telah banyak dilakukan peneliti mancanegara, diantaranya dari Eropa, Amerika, Malaysia, bahkan Jepang.

#pesonaindonesia
#pesonajambi
#pesonajambimerangin
#batutuo

Source: m.youtube.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar