Sabtu, 06 Agustus 2016

AIR TERJUN TELUN BERASAP


Wisata kito kali ini adalah

Nama : Air Terjun Telun Berasap
Lokasi : Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci
Provinsi : Jambi
Negara : Indonesia
_________________________________________________________________________________

Air Terjun Telun Berasap adalah salah satu dari begitu banyak air terjun yang terdapat di Kabupaten Kerinci. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 Meter. Sumber air Terjun Telun Berasap adalah sungai yang berhulu disekitar Gunung Tujuh, dan sumber utama airnya adalah Air Terjun Gunung Tujuh, yaitu air terjun yang mengalir dari bibir Danau Gunung Tujuh yang terdapat di puncak Gunung Tujuh. Air Terjun Telun Berasap terdapat di Telun Berasap, Gunung Tujuh, Kerinci.

Air Terjun Telun Berasap menawarkan panorama alam yang asri. Masyarakat setempat memberikan nama telun berasap karena keunikan air terjun tersebut yang selalu diselimuti kabut air yang seolah-olah menyerupai asap putih, akibat derasnya air yang terhempas ke batu dan menguap.Keunikan lain dari Air Terjun Telun Berasap yaitu adanya sebuah goa yang cukup luas di balik air terjun tersebut. Namun karena derasnya Air Terjun Telun Berasap membuat belum ada orang yang menyelusuri goa tersebut secara menyeluruh.

Perjalanan dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh sekitar 10 jam dengan jarak kurang lebih 500 km. Perjalanan dapat dilakukan dengan menggunakan angkutan umum (mini bus) atau mobil pribadi. Alternatif lain, Anda bisa berangkat dari Kota Padang dengan pejalanan menuju Tapan kemudian dilanjutkan menuju Sungai Penuh. Total jarak dari Kota Padang ke Sungai Penuh sekitar 287 km dengan lama perjalanan sekira 7 jam. Jarak Sungai Penuh ke Desa Telun Berasap sekitar 60 km. Setibanya di lokasi, pintu masuk kawasan wisata Air Terjun Telun Berasap dapat ditempuh dengan perjalanan berjalan kaki sejauh 300 m.

Berikutnya untuk menuju lokasi air terjun Anda perlu menaiki anak tangga sejauh 300 m. Kondisi anak tangga ditata rapi namun jika hujan datang, kondisi anak licin, jadi perlu berhati-hati. Sepanjang perjalanan. Anda juga bisa menikmati hamparan pemandangan Taman Nasional Kerinci Seblat dari kejauhan.

#pesonajambi
#pesonajambikerinci
#airterjuntelunberasap

Source: https://www.instagram.com/p/BIbIh_NgfoG/

1 komentar: