Rabu, 17 Agustus 2016

PANJAT PINANG KEMERDEKAAN KE 71


Wisata kito kali ini adalah

Nama : Panjat Pinang
Lokasi: Desa Lolo Kecil, Kabupaten Kerinci
Provinsi : Jambi
Negara : Indonesia
___________________________________________________________

Panjat pinang adalah acara khas yang diadakan disetiap peringatan kemerdekaan negara Republik Indonesia tercinta ini. Memang sangat unik dan mungkin hanya ada di Indonesia. Sebatangpohon pinang yang dilumuri minyak atau olie sehingga sangat licin, dipanjat oleh beberapa team yang masing asing terdiri dari 3 sampai 6 orang untuk mendapatkan hadiah yang digantung diatas pohon pinang tersebut. Hadiahnya bisa bervariasi mulai dari makanan ringan sampai hand phone, radio, bahkan sepeda. Semuanya saling berlomba untuk menjadi sang juara dan mendapatkan hadiahnya.

Permainan itu sangat populer bahkan sampai ke kampung kampung, pesertanya mulai dari anak sekolah, anak kuliahan, anak yang nggak sekolah, orang kantoran, pegawai pabrik, buruh bangunan bahkan sampai pengangguran semua rame rame mengikuti perlombaan ini. Namun masih sedikit orang yang menyadari filosofi dibalik permainan unik khas Indonesia dan khas 17 Agustusan ini.

1. Melatih kekompakan, karena panjat pinang hanya bisa dilakukan oleh team, tidak mungkin dilakukan sendiri.

2. Menetapkan Tujuan yang Jelas. Untuk bisa membangkitkan semangat perlu diberikan motivasi, salah satu sumber motivasi yang sangat efektif adalah menetapkan tujuan dengan jelas.

3. Melatih sportifitas. Dalam memanjat pohon pinang kita disaksikan oleh banyak penonton sehingga siapapun yang melakukan kecurangan akan ketahuan dan mendapat sangsi.

4. Untuk mencapai kesusksesan harus berjuang. Sukses itu harus diperjuangkan dengan gigih, berani menghadapi segala tantangan dan mencurahkan segenap keberanian, kerja keras, kerja cerdas dan pantang menyerah.

5. Menghargai sesama anggota Team. Kalau salah satu anggota team sudah berhasil naik dan mengambil hadiah, maka hadiahnya akan dibagi keseluruh anggota team.

6. Perlu strategi. Karena sangat licin, memanjat pohon pinang selain perlu kerja keras juga dibutuhkan strategi.

#pesonaindonesia
#pesonajambi
#pesonajambibatanghari
#panjatpinang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar