Sabtu, 06 Agustus 2016

JAMBI SEBERANG KOTA



Wisata kito kali ini adalah

Nama : Jambi Kota Seberang
Lokasi : kelurahan Arab Melayu, kecamatan Pelayangan, Seberang kota, kota Jambi
Provinsi : Jambi
Negara : Indonesia
_________________________________________________________________________________

Seberang Kota Jambi atau Sekoja adalah bagian utara Kota jambi yang dipisahkan oleh sungai Batanghari. Walaupun hanya berjarak beberapa ratus meter dari Pusat Kota, namun Sekoja masih sangat tradisional dibandingkan dengan bagian Kota Jambi yang lain. Tidak  ada gedung tinggi,apalagi mall, yang ada hanyalah rumah rumah panggung khas Jambi. Seberang Kota Jambi adalah wajah Kota Jambi sebenarnya, tempat warga asli melayu jambi tinggal beserta adat istiadatnya, serta tempat peninggalan benda bersejarah yang masih bertahan dan terjaga baik dari gerusan zaman.

Sekoja bersebelahan dengan pusat kota Jambi, namun untuk menuju kesana harus melintasi sungai Batanghari dahulu. Anda dapat menggunakan Getek (atau Ketek) ataupun perahu wisata tradisional Jambi yaitu “Kajang Lako”. Perjalanan dengan Perahu dari Pusat Kota menuju Sekoja hanya membutuhkan waktu 10-15 menit saja dengan biaya 5ribu saja .

Kalau anda takut menggunakan perahu, anda bisa memiih berjalan melalui jembatan pedestrian sepanjang 500M, atau anda bisa menggunakan jalur darat. Anda harus berkendara ke Barat dahulu untuk melintasi Jembatan Aurduri I, baru kemudian memutar balik ke Arah Sekoja. Anda juga bisa lewat Jembatan batanghari II di sebelah timur, namun memakan waktu yang cukup lama.

Begitu sampai di Sekoja, anda tidak akan merasa di dalam kota, namun terasa berada di tengah perkampungan tradisional. Sekoja memang seperti kampung di tengah Kota. Jika anda ingin melihat masyarakt melayu jambi disinilah tempatnya, disini mereka masih menjaga tradisi secara turun temurun. Mulai dari rumah yang mereka tempati yang sebagian besar masih berupa rumah panggung khas Jambi. Arsitektur rumah tradisional di Sekoja adalah perpaduan antara budaya Melayu, Tionghoa, dan Arab, karena ketiga budaya inilah yang memang sejak awal membentuk kawasan Sekoja menjadi seperti adanya sekarang.

#pesonajambi
#pesonajambikota
#seberangkotajambi

Source: https://www.instagram.com/p/BIL22c6gp9J/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar