Selasa, 09 Agustus 2016

GULAI TERJUN


Wisata kali ini adalah

Nama : Kuliner Gulai Terjun
Lokasi : Kota Jambi & Sarolangun
Provinsi : Jambi
Negara : Indonesia
Repost from : Trans TV official
Source/title: YouTube/IKON KULINER NUSANTARA - Gulai Terjun Masakan NIkmat Khas Jambi (01/03/16)
____________________________________________________________

MESKI menjadi masakan khas Kabupaten Sarolangun, gulai terjun tidak serta merta mudah dijumpai setiap harinya. Di tengah gempuran kuliner modern, perlahan-lahan gulai terjun hanya muncul saat momen tertentu saja, semisal hajatan perkawinan atau khitanan. Padahal melihat cita rasa serta olahannya yang unik, terlalu sayang bila menu ini hanya ‘disembunyikan’. BICARA soal gulai terjun, maka dua hal yang akan mengekor setelahnya adalah cara pengolahan yang unik serta kuah santan yang kaya rempah.

Mencicipi Gulai Terjun, rasanya ternyata mengejutkan. Santan khas rempah yang menenggelamkan potongan ayam kampung di dalamnya terasa segar sekaligus pedas. Begitu juga dengan tekstur daging ayamnya yang masih berkarakter sedikit alot, namun mudah dikunyah. Ternyata kata terjun yang disandangkan untuk gulai ini berasal dari cara masaknya yang langsung menerjunkan bumbu secara serentak. Mmm, unik juga!

Jadi bumbu-bumbu diulek (dihaluskan) terlebih dulu, kemudian diadonkan dengan ayam yang masih kondisi mentah. Sembari itu, santan dimasak. Kalau sudah mendidih, barulah ayam dan bumbu tadi diterjunkan bersama-sama ke dalam santan. Itulah kenapa masakan ini disebut gulai terjun.

#pesonaindonesia
#pesonajambi
#pesonajambisarolangun
#batikjambi

Source: m.youtube.com/watch?list=PLbQhdf3Th1jtLpVusWTANs6FlhTJYtCBF&v=VrJhOfL1cXs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar