Rabu, 10 Agustus 2016

HARIMAU SUMATERA


Wisata kito kali ini adalah

Nama : Harimau Sumatera
Lokasi : Kabupaten Muaro Jambi & Kabupaten Tanjung Jabung Timur
Provinsi : Jambi
Negara : Indonesia

___________________________________________________________

Harimau Sumatera (Panthera tigris Linnaeus, 1785) merupakan jenis kucing terbesar baik yang masih eksis atau maupun dilihat dari penemuan fosilnya. Harimau umumnya dibagi menjadi beberapa sub species yaitu Harimau Bengal, Harimau Caspian, Harimau Amur, Harimau Jawa, Harimau China Selatan dan Harimau Bali, Harimau Sumatera dan Harimau Indo China. Ada tiga sub species harimau yaitu Kaspian, Bali dan Jawa yang diduga telah punah sejak tahun 1950 an.

Harimau Sumatera yang hidup di Taman Nasional Berbak sampai tahun ini, hanya tersisa 20 ekor. Jumlah ini berkurang dibanding jumlah pada 2015 yang tercatat ada 22 ekor. Lantaran kekurangan petugas, pengelola Taman Nasional Berbak kesulitan melakukan pengawasan dan kerap kecolongan. Sebelas resort perlindungan yang ada di sana pun dinilai masih kurang. Tidak dipungkiri, petugas kerap kecolongan oleh pemburu liar.

Mengingat ada 60 jenis lebih satwa dilindungi di taman nasional yang luasnya mencapai 162 ribu hektare itu, petugas harus mengeluarkan tenaga lebih untuk patroli. "Dengan jumlah petugas dan luas wilayah yang tidak sebanding, petugas sangat kesulitan," ujar Erwan, Bagian Humas Taman Nasional Berbak, beberapa hari lalu.
Meski demikian, penjagaan kawasan lebih intensif dilakukan.

#pesonaindonesia
#pesonajambi
#pesonajambimuarajambi
#pesonajambitanjabtim
#tamannasionalberbak
#harimausumatera

Source: https://www.instagram.com/p/BI9E0AwgLeT/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar