Jumat, 05 Agustus 2016

PENDAKIAN GUNUNG KERINCI


Wisata kito kali ini adalah

Nama : Pendakian Gunung Kerinci
Lokasi : Puncak Gunung Kerinci, kayu Aro, kabupaten Kerinci
Provinsi : Jambi
Negara : Indonesia
_________________________________________________________________________________

Gunung Kerinci dengan ketinggian 3805 mdpl, merupakan puncak gunung tertinggi di pulau Sumatera juga merupakan puncak ‘Gunung berapi tertinggi di Indonesia’  berada di wilayah Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Kerinci 3805 mdpl. Di Gunung Kerinci terkenal misteri orang pendek yang masih jadi misteri karena belum ada yang bisa mendokumentasikan meskipun beberapa penduduk pernah menyaksikannya. Orang pendek tersebut menyerupai kera dengan tinggi 60 cm yang memiliki keanehan berjalan dengan telapak kaki terbalik dan meninggalkan jejak kaki yang terbalik.

Untuk mencapai Puncak Kerinci kita bisa melewati jalur Kersik Tuo yang berada di wilayah Kayu Aro. Jalur Kersik Tuo merupakan jalur umum yang banyak dipakai oleh para pendaki untuk mendaki ke puncak gunung Kerinci.

Pos 1 – Pos 2 (2000 mdpl)
Perjalanan dari Pos 1 menuju
Pos 2 ditempuh dalam waktu 30 menit , medan pendakiannya masih landai. Terdapat Sumber air di Pos 2 berupa sungai kecil yang mengalir deras di musim hujan, lokasinya berada di sisi kiri jalur pendakian, namun Pos 2 kurang cocok untuk mendirikan tenda

Pos 2 – Pos 3 (2250 mdpl)
Perjalanan dari Pos 2 ke Pos 3 ditempuh dalam waktu 45 menit, tracknya mulai menanjak, terkadang curam.

Di Pos 3 terdapat Pondok/sherter yang masih bisa dipakai untuk berteduh namun tempatnya tidak cukup luas dan hanya menampung 1 tenda.

Pos 3 – Shelter 1 (2500 mdpl)
Dari Pos 3 menuju Shelter 1 dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 45 menit melalui hutan tropis basah dengan medan yang cukup terjal. Pondok di Shelter 1 sudah tidak ada lagi/roboh (3/11/2013). Di Shelter 1 terdapat tanah lapang yang cukup untuk 5-6 tenda.

Shelter 1 – Shelter 2 (2950 mdpl)
Shelter 2 – Shelter 3 (3200 mdpl)
Shelter 3 – Puncak Kerinci (3805 mdpl)

#pesonaindonesia
#pesonajambi
#pesonajambikerinci
#gunungkerinci

Source: https://www.instagram.com/p/BIqvkAxAg5B/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar