Kamis, 11 Agustus 2016

JEMBATAN MAKALAM


Wisata kito kali ini adalah

Nama : Jembatan Makalan
Lokasi: Jl. Jemb. Makalam, Kelurahan Beringin, kecamatan Pasar Jambi, Kota Jambi
Provinsi : Jambi
Negara : Indonesia
___________________________________________________________

Ada tiga jembatan yang patut Anda kunjungi ketika berkunjung ke Jambi. Yakni Titian Arasy, Jembatan Makalam, dan Jembatan Batanghari II, salah satunya yg paling fenomenal dan menyimpan banyak cerita masa lalu adalah jembatan Makalam yang letaknya tepat di tengah kota Jambi.

Jembatan Makalam berada di Pusat Kota Jambi, Jembatan ini menjadi penghubung jalan alternatif dari jalan Makalam ke Simpang Kapuk jika kita melewatinya dari arah Cempaka Putih. Jembatan Makalam diambil dari nama gubernur pertama provinsi jambi yaitu Makalam. Nama ini digunakan karena untuk mengenang jasa-jasa beliau pada saat lahirnya Provinsi Jambi. tapi ada juga masyarakat yang mengatakan Makalam itu kependekan dari Makam Lama.  Jembatan ini memilki panjang ± 500 meter dan lebar ± 10 meter.

Makam Belanda adalah tempat peninggalan bersejarah di Kota Jambi. Pada jaman penjajahan Belanda makam tersebut termasuk makam yang paling luas, karena terletak ditengah Kota Jambi dan sekarang makam tersebut dijadikan jembatan tengah kota yang bernama Makalam. Awalnya kita berpikir Makalam itu singkatan dari Makam Lama, tapi ternyata Makalam itu diambil dari nama salah seorang Gubernur Jambi yang pertama.

#pesonaindonesia
#pesonajambi
#pesonajambikota
#jembatanmakalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar