Sabtu, 27 Agustus 2016

AIR PANAS SEMURUP


Wisata kito kali ini adalah

Nama : Air Panas Semurup
Lokasi : Desa Baru Air Hangat, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci
Provinsi : Jambi
Negara : Indonesia
Repost from : @fakhri_anindita
___________________________________________________________
Bumi Kerinci menyimpan kejutan alam. Di tengah udara dingin yang menyelimuti, ada sebuah titik panas yang terlahir akibat aktivitas vulkanik. Titik itu berupa kolam dengan air panas yang mengeluarkan aroma belerang. Warga setempat menyebutnya Air Panas Semurup.

Di Kabupaten Kerinci sendiri air panas tidak sulit ditemui, itu karena di berbagai sudut wilayah Kerinci terdapat sumber air panas alami dari gunung api yang masih aktif, yaitu Gunung Kerinci.
Air Panas Semurup: Terbaik dari Banyak Sumber Air Panas di Kerinci Air Panas Semurup yang berupa kolam ini memiliki luas 15 meter persegi dengan kedalaman 5 meter. Akan tampak air berwarna kebiruan yang sangat tenang, mengeluarkan asap seraya menunjukkan suhu tinggi sekira 80 derajat celcius. Menurut warga setempat, dahulu suhu air mencapai 100 derajat celsius. Berapapun angka suhu, tempat tersebut tetap mengagumkan dan sangat menarik ketika membayangkan ada titik sepanas ini di dataran setinggi 800 mdpl.

Air balerang diketahui memiliki manfaat kesehatan, seperti mengobati penyakit kulit dan reumatik. Akan tetapi, di Air Panas Semurup, Anda tidak boleh menceburkan diri begitu saja. Kolam tersebut dijaga ketat dengan pagar berduri dan pintu yang digembok. Untuk memasukinya, butuh izin petugas setempat.

Desa Baru Air Hangat terletak 11 kilometer dari Sungaipenuh, kota yang ditempuh 8-10 jam dari Jambi. Anda bisa menggunakan mobil pribadi ataupun mobil travel untuk meraihnya. Kondisi jalan sudah baik namun mulai dari Kabupaten Bangko hingga Kota Sungai Penuh, Anda akan melewati jalan berkelok.

#pesonaindonesia
#pesonajambi
#pesonajambikerinci
#airpanassemurup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar