Sabtu, 06 Agustus 2016

KEBUN TEH KAYU ARO


Wisata kito kali ini adalah

Nama : Kebun Teh Kayu Aro
Lokasi : Desa Kayu Aro, Kecamatan Kayu Aro Barat, Kab Kerinci
Provinsi : Jambi
Negara : Indonesia
_________________________________________________________________________________

Perkebunan Teh Kayu Aro dibuka oleh perusahaan Belanda dengan nama Namblodse Venotschaaf Handle Vereniging Amsterdan (NV HVA) tahun 1925, merupakan perkebunan teh terluas di dunia setelah perkebunan teh Darjeling di kaki gunung Himalaya, dengan luas 3.020 hektar, yang rata-rata menghasilkan 80 ton daun basah per harinya. Dan uniknya lagi pengolahan Teh Kayu Aro ini, tidak berubah sejak jaman Belanda, yaitu pengolahan secara tradisional tanpa bahan pengawet dan bahan pewarna. Saat ini pengawasan perusahaan teh ini dibawah PT Perkebunan Nusantara VI (PTPN VI), mulai dari perawatan dan pemeliharaan tanaman, pemetikan pucuk teh, pengolahan di pabrik, pengemasan hingga pengiriman.

Tidak ada yang menyangka ternyata the Kayo Aro ini kualitas nomor 1 di Dunia tetapi teh ini kurang terkenal di Negara sendiri. Kenapa?

Ini dikarenakan teh Kayo Aro yang dinikmati oleh bangsawan Eropa itu adalah teh pilihan yang diambil dari pucuk teh. Teh ini berwarna orange bening dengan rasa kental di lidah dan bertahan lama. Kualitas teh ini adalah Grade I yang hanya untuk di perdagangkan luar negeri terutama Eropa dan Amerika, sehingga Teh Kayo Aro yang mendunia itu adalah teh Kayo Aro grade I  sedangkan untuk Indonesia hanya bisa menikmati grade 2 dan 3 dicampur daun dan batang dan tentu saja warnanya tidak orange lagi. Kualitas Grade 3 dipasarkan di Indonesia ke para produsen teh, sebagai bahan campuran dari bahan baku teh yang ada di Indonesia. Dan teh ini juga dipasarkan dalam bentuk kemasan oleh PTPN VI.

#pesonaindonesia
#pesonajambi
#pesonajambikerinci
#kebuntehkayuaro

Source:https://www.instagram.com/p/BIdsl7ZAUCw/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar