Jumat, 12 Agustus 2016

TAMAN RIA SEMAGI


Wisata kito kali ini adalah

Nama : Taman Ria Semagi (Dam Semagi)
Lokasi : desa Pelayang, kecamatan Tanah tumbuh, kabupaten Bungo
Provinsi : Jambi
Negara : Indonesia
Repost from : Sumatran Feet
Source : YouTube/ Taman Ria Semagi Sound Track: JD Burns-Wings of Love
_____________________________________________________
Dam semagi terletak di desa pelayang kecamatan Tanah tumbuh. Dam/waduk yang dimanfaatkan pula sebagai fasilitas wisata air/tirta. Keduanya di Kecamatan Tanah Tumbuh, 40 km dari Muara Bungo.

Dam Semagi merupakan bangunan air peninggalan penjajah Belanda, dibangun tahun 1937, hingga sekarang masih berfungsi dengan baik. Mempunyai saluran tertier sepanjang 26.045 m dengan 9 bangunan, dapat mengairi sawah seluas 248 ha. Sedangkan dam Batang Uleh selain sebagai irigasi sawah dihilirnya, juga dimanfaatkan sebagai wisata tirta & budidaya ikan keramba.

Lokasi wisata dam semagi ini akan sangat ramai dimunjungi saat musim liburan tiba maupun di hari-hari besar seperti idul fitri dan idul adha. Namun sangat disayangkan sekali kondisinya saat ini semakin tidak terawat seiring dengan banyaknya alternatif wisata terdekat dari kota Muara Bungo, sehingga wisatawan pun semakin enggan datang dan akhirnya area wisata ini pun tak begitu tersentuh lagi dengan perawatan yang memadai seperti kondisinya terdahulu. Semoga pemerintah daerah setempat lebih memperhatikan lagi aset pariwisata unggulan daerahnya, sehingga tingkat kunjungan wisatawan ke Bungo semakin membaik lagi.

Source: m.youtube.com/watch?v=baNIqtfYivc&feature=youtu.be

Tidak ada komentar:

Posting Komentar