Jumat, 12 Agustus 2016

CANDI TINGGI



Wisata kali ini adalah

Nama : Candi Tinggi
Lokasi : Desa Muaro Jambi, Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi
Provinsi : Jambi
Negara : Indonesia
____________________________________________________________

Candi Tinggi ditemukan di Muara Jambi, di lokasi yang berdekatan dengan Candi Stano. Schnitger, seorang arkeolog Belanda menyebutnya dengan nama Candi Gumpung. Namun, nama yang diberikan Schnitger ini dibantah oleh masyarakat setempat, sebab Candi Gumpungmerupakan nama candi di lokasi lain. Candi Tinggi ini terletak dalam kawasan yang dikelilingi dinding bata dan parit.

Sebagian besar bangunan dalam kompleks candi telah runtuh, namun, rekonstruksi dan reka bentuk masih mungkin dilakukan berdasarkan sisa dan model reruntuhan bangunannya. Candi ini memiliki bagian kaki (fondamen), badan dan atas. Ketinggian bagian kaki mencapai 2.65 meter. Di bagian badan candi, terdapat beberapa anak tangga, yang bermula dari bagian platform atau pentas yang menuju ke badan candi. Disamping itu, juga terdapat bagian tersendiri untuk mengelilingi badan candi dengan lebar 3 meter. Bagian tersebut dibuat sebagai tempat berjalan dalam upacara mengelilingi candi secara pradhaksina. Diperkirakan, bentuk candi menyerupai stupa.

Untuk masuk ke bagian utama candi, terdapat sebuah pintu yang menghadap ke selatan. Candi ini juga dilengkapi sebuah gapura berukuran 20 meter. Luas candi secara keseluruhan mencapai 75 m x 92.5 m.

#pesonaindonesia
#pesonajambi
#pesonajambimuarajambi
#canditinggi

Source: https://www.instagram.com/p/BJB5qqQAMV2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar